FKIPUNISRI / https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
FKIP UNISRI "Cerdas,Unggul dan Berprestasi"

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Webinar Tingkat Asean Dengan Tema Digital “Marketing for Everyone’

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Webinar Tingkat Asean Dengan Tema Digital “Marketing for Everyone’


       Program studi Pendidikan Teknologi Informasi, Unisri Surakarta melaksanakan kegiatan Webinar Asean dengan tema Digital Marketing for Everyone. Webinar ini digelar sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pelaksanaan pengajaran dan pengabdian masyarakat. Upayanya dengan memberikan wawasan kepada mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang apa itu Digital Marketing.

       Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Juli 2023, jam dimulai pukul 08.00, bertempat di Studio Andromeda Universitas  Slamet Riyadi. Acara dimulai dengan rangkaian acara mulai dari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, doa, sambutan dari Dekan sekaligus membuka acara Webinar tersebut. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari program studi Pendidikan Teknologi Informasi dan masyarakat umum. 

       Narasumber yang diundang bervariasi, ada seorang praktisi digital marketing dari dalam negeri bernama Yusuf Shembah Hadi Suseno Putro yang seorang perintis sekaligus pemilik Ratakan.com, sebuah marketplace digital yang menyediakan layanan digital terlengkap berupa jaringan afiliasi produk digital, ecourse, jasa digital, dan event. Dalam webinar, tema beliau adalah Peluang Emas Tanpa Batas. Tema ini mengajak kepada seluruh partisipan bahwa berjualan dan menjadi seorang entreupreneur yang berhasil itu bukan lagi hal yang mustahil.

       Pembicara berikutnya pada sesi kedua adalah Associate Profesor Dr. Geoffrey Harvey Tanakinjal, Dekan Labuan Faculty of International Finance, Universitas Malaysia Sabah dan Dr. Emily Yapp Hon Tshin juga dari Labuan Faculty of International Finance, Universitas Malaysia Sabah, Malaysia. Konsentrasi kajian keduanya berturut-turut ada pada Marketing dan marketing communication. Dr. Geoffrey mengajak bahwa social media apapun sebagai platform berinteraksi di dunia maya juga berpeluang untuk dijadikan alat untuk memasarakan produk alias berbisnis. Dr. Emily mengangkat tema bahwa TIktok sebagai media social baru sangat mungkin untuk meraih pasar yang lebih banyak lagi, bahkan Beliau mangatakan pengguna Tiktok di Indonesia termasuk terbesar ke tiga di dunia.

       Pada sesi ketiga, juga terdapat dua pembicara. Mereka adalah dosen dan mahasiswa dari Prodi PTI Unisri. Yang pertama adalah Dosen sekaligus Kepala program pendidikan Teknologi Informasi bernama Arif Sutikno, M.Kom. dengan tema ‘User Interface Design in Digital Marketing Era’. Pembicara mahasiswa bernama Zulfarisa yang mengusung tema ‘Online Marketing for Youth’

       Webinar Asean ini berlangsung sangat aktif, interaktif dan partisipatif. Baik pembicara maupun peserta sangat antusias dalam berdiskusi. Beberapa kali candaan dikeluarkan oleh para narasumber sehingga membuat suasana menjadi dinamis dan cair. Banyak sekali para peserta yang ingin bertanya. Tapi karena waktu yang terbatas, maka peserta yang terpilih untuk berdiskusi sangat terbatas.

Hubungi Kami Melalui WhatsApp